• Kampus UNIMA - Tondano
organisasi-dan-ranna

Organisasi dan Ranna

Senin, 1 Februari 2021 – Merupakan Mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan, aktif dalam kegiatan organisasi, serta banyak relasi dengan dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik, membuat Ranna Harvie Aipassa atau kerap disapa Ranna ini, cukup terkenal di Fakultas Teknik – Universitas Negeri Manado.

Keberhasilannya dalam me-manage waktu antara perkuliahan dan aktifitas lainnya membuat Ranna menjadi pribadi yang cukup inspiratif. Seperti mahasiswa dan mahasiswi lainnya, Ranna memiliki cara tersendiri untuk mengatur waktu antara kuliah dan organisasi. Cowok ganteng yang merupakan ketua dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi dan Komunikasi ini mengatakan “Untuk membagi waktu tentunya kita harus benar-benar bisa memilih mana yang penting dan yang mana yang benar-benar penting. Ketika kita telah bisa membedakan dan memilih, maka tidak akan susah ketika kita ingin berorganisasi. Bagi saya, hal yang perlu diingat adalah bahwa studi itu harus nomor satu dan organisasi berada dinomor dua (Ranna)”. Dia mengatakan seperti itu karena menurutnya tujuan utama mahasiswa dalam berkuliah adalah sarjana, sedangkan berorganisasi adalah komponen penting sebagai pelengkap gelar sarjana yang kita miliki nanti.

Berbanding lurus dengan keberhasilan Ranna dalam me-manage waktu antara kuliah dan organisasi, Ranna dikenal cukup berprestasi dalam studi.

Mahasiswa kelahiran Bekasi tahun 1999 ini memiliki tips belajar yang menurutnya ampuh untuk mendapatkan nilai yang bagus. Tips belajar dari Ranna adalah RAJIN dan AKTIF. Mahasiswa yang juga dikenal akan kharismanya sebagai seorang pemimpin ini mengatakan “ Tidak perlu pintar untuk mendapatkan nilai yang bagus. Rajin itu hal utama yang harus kita pegang teguh, karena percuma kalau kita pintar tapi tidak rajin. Rajin juga merupakan kunci kesuksesan dalam berorganisasi. Karena ketika kita rajin maka kita bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari banyak orang dan itu sangat berguna bagi kita kedepannya (Ranna)”. Dia Juga mengatakan “ Aktif juga merupakan komponen pendukung dari sifat Rajin. Karena ketika kita bisa aktif dalam kegiatan apapun itu bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi (Ranna)”.

Berdasarkan apa yang dia rasakan dalam perkuliahan, Ranna mengakatan “Ketika kita terbiasa untuk aktif, itu menandakan kalau kita punya nilai lebih karena kita bisa lebih menonjol dibanding teman – teman lain. Hal ini seringkali menjadi poin penting bagi dosen untuk mengambil penilaian”.

Dalam berorganisasi Ranna yang memiliki pribadi yang tegas tapi humble ini menekankan kalau kita juga harus bisa untuk aktif, karena jika kita aktif, kita akan mendapatkan keuntungan – keuntungan seperti relasi yang akan menguntungkan kedepannya.

Itulah hasil wawancara dengan Ranna,  kiranya Ranna bisa menginspirasi kita semua. 😊

Leave a Reply